service tegal gede di kota cikarang

Mengatasi Komputer Sering Mengalami Lag atau Hang 0819-0869-5638

jasa sharing jaringan printer lippo,cikarang,bekasi
MMenerima jasa service komputer,install ulang laptop cikarang,jababeka bekasi.Mengatasi Komputer Sering Mengalami Lag atau Hang
service komputer cikarang
service komputer cikarang
,Mengatasi Komputer Sering Mengalami Lag atau Hang 0819-0869-5638
Selamat berakhir pekan Good Readers. Setelah beberapa waktu lalu kita belajar mengenai pemrograman Java, kali ini kita selingi dulu dengn tips and tricks sebagai refreshing setelah pusing berkutat dengan kode. Untuk ulasan mengenai dasar-dasar pemrograman Java kita lanjut di postingan mendatang. Tips and trics kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi komputer hang atau bisa disebut dengan nge-Lag.
komputer-hang
Kita pasti pernah mengalami kejadian komputer ngeLag atau Hang, ketika kita sedang asik berkutat dengan rutinitas pada layar komputer, bermain game, browsing atau apa lah pasti rasanya sangat menjengkelkan. Komputer ngehang atau ngelag ini disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama, pasta penyalur panas dari badan prosesor tidak bisa menyalurkan panas dengan baik ke pendingin karena pasta telah kering. Keringnya pasta disebabkan oleh umur PC yang sudah lama. dan sementara kipas prosesor tidak bekerja maksimal.
“Lalu apasih sebenarnya Hang itu?”Mengatasi Komputer Sering Mengalami Lag atau Hang
Pengertian Hang
Hang adalah Keadaan komputer berhenti tanpa bisa digunakan dengan bahasa lain yaitu komputer ngadat atau Mogok kerja bisa dibilang hidup tapi tidak berfungsi, kursor tak berkedip-kedip, pointer tidak bisa di geser, tombol capslock saat ditekan lampu indikatornya tidak menyala begitu juga tombol numlock tidak bereaksi. Secara tiba-tiba komputer Anda berasa di pause, tak bisa bergerak, film yang di putar macet atau musik yang anda nyalakan suaranya tersekat.
“Lalu apa yang membuat komputer mengalami Hang?”
Penyebab Komputer Sering Lag atau Hang
Komputer yang mengalami Lag atau Hang ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor berikut ini “
Komputer hang karena CPU kepanasan
Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya
Komputer hang karena hardisk bad sector
Komputer hang karena VGA Card rusak
Komputer hang karena koneksi LAN
“Lalu bagaimana cara mengatasinya?”
Cara Mengatasi Komputer Mengalami Lag atau HangMengatasi Komputer Sering Mengalami Lag atau Hang
Tidak semua penyebab Hang dan Lag pada komputer dapat kita selesaikan sendiri. Untuk penyebab tertentu kita harus menyerahkan pada yang ahli di bidangnya. Namun demikian, berikut beberapa solusi yang dapat kita terapkan :
Komputer hang karena CPU kepanasan
Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
– Buka heatsing dan kipas processor secara hati – hati.
– Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
– Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
– Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
– Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya,Mengatasi Komputer Sering Mengalami Lag atau Hang
Ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi. Cara mengatasinya tentu saja dengan memperbaiki power supplay atau menggantinya dengan power supplay dengan kondisi yang tidak rusak.
Komputer hang karena hardisk bad sector
Jika anda mengalami hal ini anda harus memperbaiki kerusakan hardisk. Biasanya teknisi pada perbaikan ini akan mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya. Jika anda bukan seseorang yang ahli dalam bidang perbaikan ini, lebih baik serahkan pada ahlinya. 😀
Komputer hang karena VGA Card rusak
Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Jika sudah begini, gantilah kartu VGA komputer anda.
Komputer hang karena koneksi LAN
Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan. Beberapa cara yang bisa dilakukan akibat komputer hang karena koneksi jaringan adalah:
– Pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
– Gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan (contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1).
– Lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
– Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
– Troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.
Mengatasi Komputer agar Tidak Mengalami Lag atau Hang (Not Responding )
1.Mematikan program yang berjalan ketika komputer startup
Mematikan program yang berjalan saat komputer melakukan startup memang efektif untuk membuat komputer tidak berat ketika pertama di jalankan, adapun cara caranya adalah sebagai berikut :
– Klik “Run” atau kita panggil dengan cara pintas dengan cara memencet tombol windows + R.
– Ketika sudah muncul ketikan “msconfig” lalu klik Ok.
– Pilih menu Startup.
– Program yang tidak berguna sebaiknya anda tidak Menceklistnya, atau anda bisa pilih Disable all agar PC menjadi Ringan.
– Setelah selesai klik Ok.
– Lalu Restart PC anda.
2. Membuat shortcut ke file taskkill.exe
Dengan menggunakan cara kedua ini juga cukup efektif menurut saya, karena dengan taskkill ini semua program yang sedang not responding bisa tertutup dengan mudah ada pun cara membuat shortcut ke taskkill adalah sebagai berikut:
– Klik kanan pada desktop.
– Pilih New.
– Pilih Creat New Shortcut.
– Copy paste dibawah ini ke field location shortcut :
taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”
– Maka akan ada sebuah shortcut dengan nama taskkill. Jika kita menduble click shortcut tersebut komputer akan otomatis mengidentifikasi dan menutup program yang Not Responding Yang menyebabkan komputer ngelag.
Demikian tips dan trik cara mengatasi komputer sering mengalami Lag atau Hang, semoga bisa membantu sahabat pembaca dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin 😀.#servicekomputercikarang

Komentar

Posting Komentar

adnow

loading...


Postingan populer dari blog ini

Service Laptop Deltamas

install laptop program di cikarang